Andi Life

April 27, 2015
0 Comments

Makanan Khas Purwakarta

Monday, April 27, 2015
Kota Purwakarta, kota kelahiran Ku, Purwakarta banyak banget makanan khasnya juga, ga kalah sama kota lain di Indonesia.

Purwakarta sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bagian Barat dan sebagian wilayah Utara, Kabupaten Subang di bagian Utara dan sebagian wilayah bagian Timur, Kabupaten Bandung Barat di bagian Selatan.

Pernah kunjungi Kabupaten Purwakarta dan mencicipi makanan khas nya? Kalian yang kunjungi Purwakarta harus mencicipi makanan-makanan ini.


  • Sate Maranggi

Sate maranggi Purwakarta ini memang berbeda dari sate lainnya. Bahan baku menggunakan daging sapi dan kambing muda. Daging tersebut diberi bumbu rempah sebelum dibakar di atas bara. Proses pembakaran dilakukan dengan sempurna sehingga daging yang dihasilkan terasa empuk, Saat dihidangkan, sate tidak diberi bumbu kacang melainkan bumbu kecap yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit yang dihaluskan. Kemudian ditambahkan tomat segar yang di iris-iris atau biasa disebut acar tomat. Perpaduan manis kecap, asam dan pedas pun langsung terasa di lidah.

  • Colenak


Colenak juga makanan khas yang sering kita jumpai di Purwakarta, yang berbahan dasar peuyeum yang di beri  bumbu manis yang terbuat dari kelapa dan gula merah atau yang biasa di sebut enten-enten kemudian di kasih taburan kacang garing yang disangrai.


  • Simping Kaum


Pernah coba simping? Simping ini adalah makanan khas dari daerah Purwakarta, Jawa Barat. Siming kaum ini bentuknya berupa lembaran pipih, bundar tipis, umumnya berwarna putih, Simping kaum ini mempunyai rasa gurih. Makanan ini dibuat dari tepung beras yang diberi beberapa bumbu. Simping mirip dengan lembaran yang dipakai untuk menjepit gulali. Simping terdiri dari beberapa rasa antara lain: keju, kencur (original), jahe, strawberry, coklat, nangka, pandan. jika anda pergi ke purwokerto jangan lupa untuk mencobanya,


  • Opak


Opak biasanya dibuat dari tepung beras. Bahan dasar pembuatan opak adalah tepung beras, garam, gula, dan bumbu bumbu penyedap lainnya. Kemudian bahan dasar dicampur menjadi sebuah adonan. Adonan kemudian dikeringkan. Setelah kering kemudian dipanggang di atas bara api, Nutrisi yang terkandung dalam opak adalah karbohidrat karena terbuat dari tepung beras.


  • Rengginang / Ranginang (sunda)


Makanan yang terbuat dari ketan yang di kukus lalu pipihkan, kemudian di jemur sampai kering. setelah kering rengginang ini bisa di goreng sampai matang. rasa rangginang ini gurih, rengginang ini biasa jadi makanan cemilan bagi masyarakat Purwakarta, rengginang ini juga mempunyai aromanya wangi dan rasanya renyah jika di gigit. rangginang ini biasanya ada 2 macam, ada yang terbuat dari ketan putih dan ada juga yang terbuat dari ketan hitam.

Gimana nih, pengen nyicipin juga kan? Rekomendasi dari aku sendiri sih mending dicoba duluan Sate Maranggi. Kalo berkunjung langsung ke Purwakarta langsung, masih banyak lagi makanan khas atau makanan traditional yang udah jarang di jumpai di Kota lain di Jawa Barat. Waktu akhir pekan cocok juga sama keluarga dateng sekalian nikmati tempat-tempat Wisata di Purwakarta.

0 Comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top